Asianbrain-s Membangun Bisnis internet marketing Indonesia Mengetahui Pola Pikir SEO - Didu Belajar seo dan Internet Marketing Asiabrain-s.blogspot.com | seo news| online marketing | Didu Belajar seo dan Internet Marketing: Mengetahui Pola Pikir SEO

Selasa, 01 Maret 2011

Mengetahui Pola Pikir SEO



Search Engine Optimization  mesin pencari yang menyediakan layanan, meskipun  panduan dan kebijakan yang mereka keluarkan bukanlah ‘hukum’ atau peraturan, tapi sekedar pernyataan yang sifatnya umum.

Pernyataan umum tersebut seringkali membingungkan dan tidak memberi petunjuk jelas tentang apa yang harus dilakukan ‘pejuang SEO’ agar kata kunci (keyword) incaran mereka mendapat ranking di SERP. namum mempertaruhkan website anda dengan melakukan optimalisasi yang bertentangan dengan kebijakan mesin pencari dan bisa terdeteksi oleh mesin pencari adalah tindakan bodoh.

Banyak trik yang cukup baik untuk mendominasi SERP tanpa  harus melakukan hal-hal yang bisa membuat situs anda ditendang oleh Google, Bing atau Yahoo.
Pola berpikir dalam SEO harus bersifat jangka panjang- kalau melakukan SEO untuk keuntungan jangka pendek itu bukan SEO, tapi trik untuk mengeksploitasi kelemahan mesin pencari.
SEO adalah proses yang butuh waktu, banyak faktor yang digunakan untuk menentukan posisi di Google misalnya, menggunakan waktu sebagai elemen perhitungan.


Konsep seperti link-aging, sandbox (atau trustbox, tergantung perspektif anda), quality filter, dan domain-aging  membuat situs anda tidak mungkin menjadi #1 dalam sekejap – setidaknya bukan di Google.
Untuk contoh sebelumnya (Situs A dan B):

  • Site A akan menempati posisi #1 dalam 1 – 6 bulan, tergantung pada apa yang anda lakukan dan seberapa kuat situs yang saat ini menempati posisi #1.
  • Site B, butuh waktu 6 – 12 bulan untuk mencapai puncak, sekali lagi tergantung seberapa cepat anda bergerak dan keyword apa saja yang disasar.
Pada dasarnya – agar efektif SEO butuh waktu, jadi apapun yang anda rencanakan, pastikan bahwa rencana tersebut bersifat jangka panjang dan perhitungkan konsekuensi jangka panjang dari tindakan anda.

Para pelaku SEO yang mengikuti apapun yang diajarkan “guru”, atau percaya apapun yang dikatakan Google seperti mempercayai kitab suci, Tapi seperti apa yang saya bilang sebelumnya – ada banyak cara untuk melakukan SEO, dan tentu saja tidak ada ‘salah’ atau ‘benar’ dalam SEO. SEO adalah tentang strategi yang paling efektif dalam membuat situs anda berada di puncak halaman hasil pencarian (SERP), dan itulah yang harus menjadi fokus anda.mengikuti semua yang Google atau ‘guru SEO’ katakan adalah tidak baik. Anda harus mempertimbangkan opini pihak lain yang bertentangan, bandingkan dengan hasil yang anda dapatkan, dan kalau memungkinkan lakukan eksperimen anda sendiri.

Suatu misal, tentang tautan berbayar (paid links). Google secara jelas mengatakan bahwa paid links untuk tujuan mendapat ranking di mesin pencari tidak bisa ditolerir dan situs yang melakukannya akan kena penalti, namun di sisi lain paid links untuk tujuan traffic (iklan langsung) itu oke-oke aja. Ini menimbulkan perdebatan di dunia SEO; apakah tautan berbayar “benar atau salah”.jadi Janganlah jadi budak Google atau orang lain yang mengajarkan anda tentang SEO – tidak ada satu formula yang mujarab untuk semua situasi dalam SEO, maka dari itu tidak ada ‘benar’ atau ‘salah’ dalam melakukan peng-optimalan SEO web / blog. tapi jangan sampai anda harus bertentangan dengan Google. berpikirlah terbuka dan fokus pada apa yang terbukti berhasil dan dijamin bertahan untuk jangka panjang. Jangan percaya begitu saja apapun yang dikatakan Google, atau para “dewa SEO”, perkembangan dunia SEO, fokus, dan kembangkan pengetahuan  anda sendiri tanpa harus mengabaikan term dan kondisi yang terus berkembang dalam dunia SEO.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar